Headline

Saturday, July 19, 2014

SD Juara Cilegon

Sarasehan Pendirian SD Juara Cilegon

SD Juara Gratiskan Biaya Pendidikan


Sejumlah anak binaan Rumah Zakat Cilegon menunjukkan kebolehannya pada acara Sarasehan Pendirian SD Juara, Selasa (11/2).

CILEGON – Ditengah-tengah kemelut biaya pendidikan yang semakin mahal, Rumah Zakat Branch Cilegon segera membuka Sekolah Dasar (SD) Juara dengan menggratiskan biaya hingga 100 persen bagi seluruh siswanya. SD yang terletak di Lingkungan Sambirata, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cibeber itu akan mulai beroperasi pada tahun ajaran baru 2014/2015 mendatang.



Branch Manager Rumah Zakat Cilegon Asep Awaludin Basori mengatakan, SD Juara disediakan khusus bagi anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu. "Perekrutan siswa akan dibuka secara umum tapi tim kami akan selektif melihat kondisi ekonomi calon siswa. Soalnya SD Juara ini memang hanya di khususkan bagi anak yang berasal dari keluarga tak mampu saja," kata Asep kepada Banten Raya usai acara Sarasehan Pendirian SD Juara Cilegon di Aula Pusdiklat, Selasa (11/2). Dijelaskan Asep, SD Juara tidak hanya memberikan pelayanan pendidikan gratis, tapi juga akan menyuguhkan metode pendidikan berkualitas. Pengajarannya tidak seperti sekolah konvensional, karena siswa diarahkan untuk berkembang sesuai dengan potensinya. "Sekolah ini menggunakan sistem kurikulum tingkat satuan pendidikan dan menerapkan nilai-nilai ajaran Islam," ujarnya.

Menurut Asep, jumlah siswa dalam satu kelas dibatasi hanya sampai 25 orang saja, sehingga peran guru didalam kelas akan lebih optimal saat memantau Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Hal itu sesuai dengan visi sekolah juara sebagai lembaga pendidikan berkualitas yang mendorong pada kemandirian. Serta terinovasi dalam Implementasi Information and Communication Technology (ICT). "Sekolah ini tak semata mengedepankan potensi akademik melainkan potensi non akademik lainnya dengan konsep multiple intelligences," tuturnya. Dalam hal ini, Asep berharap, kehadiran SD Juara di Kota Cilegon mampu memberikan kontribusi di bidang pendidikan untuk meminimalisir kebodohan yang berpengaruh pada tingkat kemiskinan.

Untuk itu, acara saresehan pendirian SD Juara dimanfaatkan oleh pihaknya sebagai ajang pengenalan terhadap stakeholder, perusahaan, pemerintah dan masyarakat umum. "Alhamdulillah, kami mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan Kota Cilegon dan bekerjasama dengan Baitul Mall Krakatau Steel untuk mendirikan SD Juara. Sekolah ini merupakan SD Juara ke-15 se-Indonesia. Kami mohon kerjasamanya kepada semua pihak agar keberadaan SD ini berjalan lancar dan memberikan manfaat luar biasa," terangnya. Menanggapi kehadiran SD Juara, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon Muhtar Gozali mengaku, pihaknya sangat mendukung hal itu.

Terlebih mengenai konsep pembatasan jumlah siswa di dalam kelas dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. "Ini sangat sesuai dengan Permendiknas Nomor 15 tahun 2010 dan Permendiknas Nomor 24 serta Nomor 41 tahun 2007 tentang Aturan Pembahasan Jumlah Siswa Dalam Kelas," terangnya. Bahkan, tambah Muhtar, pihaknya secara profesional akan bekerjasama dengan SD Juara. Secara rutin, pihaknya menjadwalkan untuk melakukan pemantauan. "Pendidikan itu sangat penting. Sekolah ini memberikan motivasi agar masyarakat yang memiliki ekonomi kurang beruntung tidak pesimis untuk sekolah. Makanya saya berharap semoga masyarakat Cilegon banyak yang terekrut karena jika di menej dengan baik pasti akan menghasilkan banyak siswa yang benar-benar menjadi juara," tegasnya.

Sementara itu, Pengurus Baitul Mall Krakatau Steel (KS) Hasan Basri menuturkan, pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap kehadiran SD Juara. Sebagai bentuk santunan pihaknya memberikan bantuan dana sebesar Rp 75 juta. "Kami sangat mendukung dan menyambut baik. Supaya anak-anak tidak mampu tidak di tolak untuk sekolah melainkan dibina untuk menjadi juara," katanya. (mega)
Sumber : http://bantenraya.com/metropolis/metro-cilegon/3968-sd-juara-gratiskan-biaya-pendidikan

Subscribe to this Blog via Email :
First