Headline

Sunday, September 20, 2015

SD Juara Cilegon

PUSKESMAS SOSIALASIKAN BAHAYA CAMPAK DI SD JUARA CILEGON






CILEGON - Pada hari Selasa (15/09) Pusat Kesahatan Masyarakat (Puskesmas) kecamatan Cibeber Kota Cilegon mengisi  acara Parenting School di SD Juara Cilegon dengan tema: "Bahaya Penyakit Campak serta Cara Mencegah dan Mengobatinya".

Tema ini diambil karena bertepatan dengan Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah yang diadakan oleh Puskesmas ke sekolah-sekolah yang berada di kecamatan Cibeber kota Cilegon.

Acara yang dihadiri oleh walimurid, guru dan kepala sekolah SD Juara Cilegon ini bertujuan agar para orang tua mengetahui dan mengerti tentang bahaya penyakit campak dan cara agar terhindar dari penyakit tersebut.

"Campak merupakan penyakit infeksi virus yang bisa menular melalui air liur, percikan ludah dan percikan ingus sang penderita. Dan campak juga sangat berbahaya karaena bisa mengakibatkan kematian kepada anak bila tidak ditangani dengan baik," papar Hudriyah, staf Puskesmas Cibeber.

"Tanda dan gejala campak sendiri bisa dari demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, sakit mata, ruam kulit dan bercak putih," tambahnya.

Namun, menurut beliau, campak bisa ditangani dengan cara istriahat yang cukup, banyak minum air putih, makan makanan yang bergizi tinggi, minum obat penurun panas, obat batuk, vitamin A atau bisa langsung konsultasi ke dokter.

Setelah mensosialisasikan tentang campak, pihak Puskesmas mengadakan kegiatan suntik imunisasi kepada seluruh siswa kelas 1 SD Juara Cilegon.

"Sebelum melakukan kegiatan imunisasi kepada anak-anak, sengaja kami minta agar Puskesmas mengadakan sosialisasi tentang penyakit Campak kepada walimurid terlebih dahulu," papar Susanto, kepala SD Juara Cilegon.

Admin SD Juara Cilegon, Tria Rahayu Febriana menceritakan ketika peroses suntik imunisasi ada beberapa siswa yang memang masih ada rasa takut melihat jarum suntik dan ada juga yang sudah berani.

"Siswa yang sudah berani berusaha memotivasi temannya yang belum berani dengan mengatakan bahwa disuntiknya tidak sakit," tambahnya.





Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »