Headline

Monday, December 21, 2015

SD Juara Cilegon

SISWA SD JUARA CILEGON BELAJAR MEMBUAT KETUPAT











CILEGON - Senin (14/12) Siswa-Siswi kelas 2 SD Juara Cilegon akan belajar membuat janur ketupat.  Pada hari sebelumnya, wali kelas sudah memberitahukan kepada siswa, bahwa kita akan belajar membuat janur ketupat. Dan wali kelas pun meminta kepada siswa untuk mencari janur kelapanya masing-masing. 

Senin pagi, anak-anak terlihat sudah membawa janur kelapanya masing-masing, namun ada beberapa siswa yang tidak membawa, karena disekitar rumahnya tidak ada yang mempunyai pohon kelapa. Wali kelaspun sudah mempersiapkan janur lebih untuk siswa yang tidak membawa janur. Setelah semua siswa siap dengan janurnya masing-masing, kini wali kelas dan kepala sekolah SD Juara Cilegon memulai kegiatan belajar membuat janur ketupat ini. 

Kepala Sekolah memberikan langkah-langkahnya secara bertahap, mulai dari membelah janur ketupatnya menjadi dua bagian. Sedangkan wali kelas memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan.Siswa mengikuti Step by Step yang diberikan oleh Kepala Sekolah.Setelah semua tahapan diberikan, dan hasilnya pun sudah dapat dilihat oleh masing-masing siswa. Memang tidak semua siswa berhasil membuat janur ketupat ini. 

"Membuat janur ketupat ini bukanlah hal yang mudah, jangankan bagi anak-anak, bagi orang dewasa yang baru pertama kali membuat janur ketupat ini pun akan merasa kesulitan. Untuk bisa membuat janur ketupat ini dibutuhkan keterampilan, dan sering-sering berlatih," ungkap Mirnawati selaku wali kelas 2 SD Juara Cilegon. 

Di tempat yang berbeda, Susanto selaku Kepala Sekolah SD Juara Cilegon mengungkapkan bahwa ia mengajak anak-anak belajar membuat janur ketupat ini, agar mereka memiliki keterampilan. Apalagi mereka tinggal di perkampungan, biasanya di perkampungan itu warganya membuat ketupat sendiri. Jadi nanti anak-anak ini dapat membantu orang tuanya ketika akan membuat ketupat di saat lebaran.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »