Headline

Monday, December 14, 2015

SD Juara Cilegon

UJIAN SBdP, SISWA SD JUARA CILEGON BELAJAR MEMBUAT TOPI













CILEGON - Kamis (10/12), Siswa-siswi SD Juara Cilegon mengikuti ujian praktek untuk mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Dalam ujian praktek kali ini, kelas 1 membuat topi  dari karton. Sebelumnya guru menyiapkan alat-alat yang akan digunakan, diantaranya karton, gunting, lem, kertas origami, dan pita. 

Guru menjelaskan terlebih dahulu mengenai cara membuatnya. Semua siswa sudah memegang alat-alatnya masing-masing. Dan membimbing siswa untuk pembuatan topi, mulai dari cara membentuk kartonnya menjadi bentuk topi ulang tahun. Setelah karton membentuk seperti topi ulang tahun, kini siswa harus memberikan lem pada karton tersebut. 

Kemudian, siswa diberikan kebebasan untuk menghiasnya dengan menggunakan kertas origami. Kertas origami tersebut dapat digunting membentuk apa saja sesuka hati siswa, dan sekreatif siswa. Dan tak lupa diberi tali pada bagian bawahnya agar lebih mirip dengan topi ulang tahun. 

"Kegiatan ini memang termasuk kegiatan yang sederhana untuk siswa. Namun untuk menghiasnya dibutuhkan kreativitas siswa, agar topi mereka menjadi lebih bagus lagi. Anak-anak terlihat sangat senang dengan hasil karya buatan mereka sendiri," ungkap Siti Nurasiah Wali kelas 1 SD Juara Cilegon.

Sedangkan pada siswa kelas 2, guru  mengajak siswa untuk membuat hasil karya dari cat air. Disini sebelumnya guru menyiapkan alat-alat yang akan digunakan, diantaranya kertas HVS, cat air dan tempatnya. Guru juga menjelaskan mengenai cara membuat hasil karya ini. Dimana siswa diminta membuat karya dengan menggunakan cat air ini atau sama saja dengan melukis. Namun melukisnya tidak menggunakan kuas melainkan dengan jari-jari tangan mereka langsung. Siswa dibebaskan untuk membuat gambar apa saja sesuka hati mereka.

"Dengan kegiatan membuat karya ini, anak-anak dilatih kreativitas mereka dalam menghasilkan sebuah karya," ungkap Mirnawati Wali Kelas 2 SD Juara Cilegon.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »