Headline

Monday, February 22, 2016

SD Juara Cilegon

KALI INI, KBM SD JUARA CILEGON TENTANG PERPUTARAN BUMI













CILEGON - Siswa-siswi kelas 2 SD Juara Cilegon belajar mengenai perputaran bumi dan akibatnya, dalam kegiatan KBM pada hari Kamis (18/02). Disini guru menjelaskan terlebih dahulu mengenai kenapa bumi itu berputar, sambil memberikan contoh dengan menggunakan globe.

Ada istilah rotasi bumi yang artinya bahwa bumi itu berputar pada porosnya. Dan dari perputaran bumi ini, maka terjadilah yang namanya siang dan malam. Kenapa bisa terjadi siang dan malam, itu karena bumi berputar. Sehingga wilayah yang terkena sinar matahari, berarti dalam kondisi siang. Sedangkan wilayah yang tidak terkena sinar matahari berarti dalam kondisi malam.

Disini wali kelas mengajak siswa untuk membuktikan peristiwa terjadinya siang dan malam dengan menggunakan globe dan senter. Wali kelas meminta siswa untuk maju 2 orang secara bergantian untuk membuktikannya. Satu siswa memegang senter yang kita ibaratkan sebuah matahari.

Sedangkan siswa yang satunya memutarkan globe dan membiarkannya sampai berhenti. Kemudian mereka berdua melihat daerah atau negara mana yang terkena sinar matahari, berarti negara tersebut dalam kondisi siang hari, dan negara yang tidak terkena cahaya senter atau kita misalkan tidak terkena sinar matahari berarti dalam kondisi malam.

“Dalam KBM kali ini siswa belajar mengenai perputaran bumi dan peristiwa terjadinya siang dan malam. Saya mengajak siswa untuk mempraktekkannya sendiri supaya siswa lebih paham lagi mengenai materi yang sedang dipelajari,” ungkap Mirnawati, wali kelas 2 SD Juara Cilegon.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »