Headline

Monday, September 5, 2016

SD Juara Cilegon

SISWA KELAS 2 SD JUARA CILEGON PRAKTEK MEMBUAT ES CINCAU

Susasana Kegiatan Praktek Membuat Es Cincau di Ruang Kelas 2 SD Juara Cilegon


CILEGON - Siswa kelas 2 SD Juara Cilegon terlihat sedang belajar membuat cincau pada hari Selasa (30/08). Cincau ini dibuat dari daun cincau yang diolah dengan cara diperas sampai keluar sarinya. Pada pertemuan sebelumnya walikelas menugaskan kepada masing-masing siswa untuk membawa peralatannya seperti baskom, saringan, gelas, dan sendok. Walikelas juga menugaskan kepada siswa untuk mencari daun cincau disekitar rumah mereka

Sebelum praktek membuat cincau ini dimulai, walikelas mengecek peralatan yang dibawa siswa. Kemudian walikelas membagikan daun cincau kepada siswa yang tidak membawanya. Praktek membuat cincau pun dimulai. Langkah awal, siswa mencuci daun cincaunya terlebih dahulu. Kemudian mulai diperas-peras sampai keluar sarinya sambil diberi sedikit air. 

Guru Walikelas sedang Membimbing Peserta Didik nya Membuat Es Cincau


Setelah itu, barulah disaring agar sari dengan daunnya terpisah. Setelah semua proses dilalui, diamkan selama beberapa menit agar sari daun cincaunya itu menjadi kental dan padat. Setelah didiamkan, berilah sedikti sirup dan es batu agar lebih nikmat untuk disantap. Jadilah cincau buatan siswa kelas 2 SD Juara Cilegon. Siswa pun terlihat sangat senang dan puas bisa menikmati bersama-sama minuman cincau yang mereka buat sendiri. Bahkan mereka pun berbagi minuman cincaunya dengan dewan guru, adik kelas, dan kakak kelasnya.  

“Alhamdulillah siswa terlihat senang karena sudah berhasil membuat minuman cincau ini. Mereka juga tak lupa untuk berbagi dengan guru-guru dan teman-temannya yang lain. Praktek membuat cincau ini memang sederhana, namun dapat mengajarkan siswa untuk lebih kreatif dan lebih mandiri membuat minuman sehat,ujar Mirnawati selaku walikelas 2 SD Juara Cilegon.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »