Headline

Wednesday, October 19, 2016

SD Juara Cilegon

Mengenal Eli Awaliah, Guru Teladan Kota Cilegon


CILEGON, BCO – Eli Awaliah guru SDN Walikukun, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon berhasil dinobatkan sebagai Guru Teladan se – Kota Cilegon tahun 2016.
Sosok Eli cukup menarik diceritakan , selain berprofesi sebagai guru, ibu 4 anak ini adalah penyair asli Cilegon yang cukup produktif melahirkan karya sastra.

Kepada Berita Cilegon Online (BCO), Eli mengaku, tahun ini berhasil menjadi guru teladan Kota Cilegon setelah dipaksa pihak sekolah tempatnya mengajar untuk mengikuti rangkaian tes tertulis dan wawancara.


Bermula jadi juara di tingkat Kecamatan Citangkil, Eli pun kembali mengikuti seleksi di tingkat Kota Cilegon dan kembali sukses meraih penilaian terbaik.
“Tes tertulis dan wawancara cukup sulit. Tapi saya jalani saja Lillahita’ala. Hasilnya, Alhamdulillah ternyata menang,” kata Eli yang mendapatkan tropi juara Guru Teladan se – Kota Cilegon dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Halaman Kantor Walikota Cilegon, Senin kemarin 2 Mei 2016.
Dikatakan Eli, menjadi guru harus mencintai dulu dunia anak-anak dan juga harus ikhlas menjalaninya. Selama puluhan tahun menjadi guru PNS, Eli mengaku selalu senang dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar, dan sudah ribuan siswa pernah ia didik.
“Ketika anak ada di sekolah itu tanggungjawab guru untuk memberikan pendidikan. Komunikasi dengan orangtua murid juga perlu dilakukan untuk mengontrol perkembangan anak dalam belajar,” kata Eli.
Dengan bekal keahliannya di bidang sastra, Eli menciptakan Budaya Literasi di lingkungan sekolah agar anak suka membaca dan menulis.
“Ya, sastara itu mengajarkan banyak sekali rasa dalam hidup. Mengasah kepekaan dan empati di sekitar. Untuk menciptakan itu semua saya ajak anak-anak rajin membaca,” ungkap Eli.
Sedikitnya Eli telah melahirkan 10 buku karya sastra dari buah imajinasinya, mulai dari puisi, cerpen, dan pantun. Buku Kumpulan Puisi Kembang Pihong yang terbit akhir tahun 2015 lalu, adalah bukti bahwa Eli sebagai sosok penyair perempuan di Banten yang masih produktif dan patut diperhitungkan.
Selain itu, Eli juga tengah menunggu karya terbarunya yang siap terbit bersama penyair 5 Negara Asia Tenggara, yaitu Kumpulan Pantun Senandung Tanah Merah yang akan terbit di Negara Malaysia.
Selain prestasi yang berhasil Eli torehkan di usianya yang sudah tidak muda lagi, Guru Teladan Kota Cilegon ini juga sukses menularkan bakat seninya kepada 4 putri tercinta. Seperti putri pertamanya Candra Rosselinni, yang berhasil menjadi pelukis muda yang karyanya bahkan sudah diakui oleh negara lain. Sementara itu bakat sastranya diturunkan kepada putri keduanya yaitu Debby Rosselini, siswi tingkat SLTA yang sangat produktif dengan banyak melahirkan buku novel.
Putri ketiganya Imelda Rosselinni juga berbakat di Modeling Hijaber dan si bungsu Mega Rosselinni berbakat dalam menggambar dan membaca puisi. (*)
Sumber : https://www.bco-tv.com/pendidikan/mengenal-eli-awaliah-guru-teladan-kota-cilegon

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »