Headline

Wednesday, April 26, 2017

SD Juara Cilegon

SD JUARA CILEGON ADAKAN TES KEMAMPUAN DASAR

anak SD Juara cilegon sedang mengerjakan Soal  TKD



Siswa kelas 3 SD Juara Cilegon mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD), pada hari Rabu (26/04).  TKD ini diadakan oleh seluruh sekolah dasar untuk siswanya yang duduk di bangku kelas 3. TKD ini diadakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai materi kelas 1, 2, dan 3 (materi dasar), sebelum siswa beranjak ke kelas 4 dengan materi yang lebih tinggi. Dalam Tes Kemampuan Dasar ini yang diujikan adalah soal-soal CALISTUNG (Baca, Tulis, dan Berhitung). 

Tes membaca dilakukan dengan menggunakan teknik membaca cepat, yaitu siswa harus membaca teks dalam waktu singkat dan harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks tersebut. Disini wali kelas dapat mengetahui kemampuan siswa dalam membaca dan memahami bacaan. Tes tulis dilakukan dengan mendikte. Wali kelas membacakan sebuah kalimat, dan siswa harus menuliskan ulang kalimat tersebut. Sedangkan tes berhitung dilakukan dengan memberikan soal-soal berhitung dasar. 

 Dari hasil yang di dapat, guru kelas dapat mengetahui kelemahan atau kekurangan yang dimiliki oleh siswa, sehingga dapat memotivasi siswa, memberikan bimbingan kepada siswa, dan memperbaiki keseluruhan program pembelajaran yang disiapkan oleh guru. Seperti yang diungkapkan oleh Siti Herlina selaku wali kelas 3 SD Juara Cilegon. 

Dari hasil TKD ini, guru kelas dapat mengetahui kelemahan atau kekurangan yang dimiliki oleh siswa, sehingga dapat memotivasi siswa, memberikan bimbingan kepada siswa, dan memperbaiki keseluruhan program pembelajaran yang disiapkan oleh guru,” ujar Siti Herlina.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »