Headline

Monday, November 27, 2017

SD Juara Cilegon

UPAYA SD JUARA CILEGON MENCIPTKAN SUASANA BELAJAR SAAT PAS


Suasana Peserta Didik SD Juara Cilegon saat Menjawab So'al Ujian Pada Penilian Akhir Semester (PAS)



CILEGON - Saat Penilian Akhir Semester (PAS) pada semester kesatu Tahun Pelajaran 2017-2018 ini, Kepala Sekolah SD Juara Cilegon menggerakan timnya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang khidmat, tenang, kondusif, khusyu' dan tercipta semangat belajar. 

"Saya teringat suasana ujian di Gontor, saat ujian datang semua kegiatan ekskul diliburkan, pergi kemana-mana santri bawa buku, siang malam di sudut pondok terlihat para santri belajar dengan khusyu', sambil jalan kaki menuju ruang ujian belajar, mau masuk ruang ujian belajar bahkan saat istirahat pergantian materi ujian para santri belajar," papar Susanto selaku kepala sekolah SD Juara Cilegon.

"Di Gontor, dalam satu ruang ujian diawasi tiga sampai empat orang pengawas, dan ketika bel berbunyi tanda ujian dimulai, para santri khusyu' mengerjakan so'al-so'al ujian di ruang ujiannya masing-masing tanpa ada suara ucapan sedikitpun, kalau kata Kiyai mah ada jarum jatuh pun kedengaran karena saking tentram nya suasana ujian di Gontor," tambahnya.

PAS di SD Juara Cilegon dimulai dengan ujian tulis pada hari Senin (27/11/2017) dan akan berlangsung selama sepekan, kemudian dilanjut dengan ujian praktek materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), baca Al-Qur'an, Tahfidz, Imla', praktek ibadah, do'a-do'a harian, bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Saat PAS tulis, peserta didik mengerjakan di ruang ujian yang telah ditentukan dan diawasi oleh dua orang pengawas, sedangkan untuk ujian praktek peserta didik memasuki ruang ujian di hari dan tempat yang sudah dijadwalkan dan akan diuji oleh dua sampai tiga penguji pada setiap ruangnya.

Di hari-hari PAS, peserta didik seperti hari biasanya melaksanakan Sholat Dhuha berjama'ah terlebih dahulu di kelasnya masing-masing. Usai sholat Dhuha mereka diberi waktu untuk membaca buku materi yang akan diujikan di hari itu. Sedangkan saat PAS praktek nanti, mereka bergantian masuk ke ruang ujian yang telah ditentukan dan yang belum dipanggil menunggu di depan ruang sambil belajar.

Senada dengan kepala sekolah, Nurhidayati selaku ketua panitia PAS mengaku mengupayakan agar siswa tambah semangat belajar saat di hari-hari ujian.

"Ia ujian di semester ini kami coba desain lebih bagus lagi agar anak-anak lebih giat belajar, sehingga mereka lebih percaya diri ketika menjawab so'al-so'al ujian," ujarnya.

Untuk diketahui, SD Juara Cilegon binaan Rumah Zakat dengan donatur utamanya dari Baitul Maal Krakatau Steel Group (BMKSG) ini berdiri pada tahun 2014 dan baru ada peserta didik dari kelas 1 sampai kelas 4.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »