Headline

Wednesday, February 7, 2018

SD Juara Cilegon

MEMBUAT WAYANG KERTAS SEBAGAI WUJUD PERKENALAN SENI TEATER INDONESIA


Siswa Memainkan wayang di depan teman sekelasnya
           CILEGON - Kamis_Peserta didik kelas III SD Juara Cilegon yang berjumlah 22 orang melaksanakan pembelajaran asyik dan menyenangkan yaitu membuat wayang kertas. Tujuan pembelajaran kali ini untuk memperkenalkan seni budaya yang berasal dari Indonesia. Selain itu pembuatan wayang ini diharapkan kedepannya dapat digunakan peserta didik sebagai permainan edukatif. (01/02/18)

Peserta didik bersemangat membawa sumpit, kertas HVS, benang jahit, jarum, dan pensil warna dari rumah mereka masing-masing. Pembelajaran dimulai dengan peserta didik menjiplak gambar wayang yang ada pada buku tematik, selanjutnya peserta didik mewarnai hasil jiplakannya. Kemudian peserta didik menggunting gambar wayang tersebut dan menggabungkan setiap titik pada wayang dengan menggunakan benang. 

Tahapan yang terakhir yaitu siswa menempelkan sumpit pada bagian belakang wayang dan bagian kedua tangannya. Sumpit tersebut berfungsi sebagai penggerak wayang.
Kegiatan belajar kali ini membuat kesan tersendiri bagi Dilla. Menurutnya,
 
Siswi kelas 3 berfoto bersama wayang hasil buatannya masing-masing
 “saya senang belajar membuat wayang karena dengan pembelajaran ini saya dapat melatih kreativitas saya dan lebih berhati-hati dalam melakukan suatu hal.”

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »