Headline

Wednesday, February 7, 2018

SD Juara Cilegon

PEMANFAATAN DAUN SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN PENCERMINAN BANGUN DATAR TAK BERATURAN

Siswa sedang membuat karya cetak dengan teknik cap dan cipratan
CILEGON - Siswa kelas III SD Juara Cilegon mempraktekkan cara membuat karya cetak dengan teknik cap dan cipratan. Praktek ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep pencerminan bangun datar tak beraturan dengan memanfaatkan daun, tutur  Siti Herlina selaku wali kelas. Herlina juga menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan  agar siswa dapat belajar dengan alam atau lingkungan sekitar. (05/02)

       Pembelajaran ini dimulai dari pukul 09.00-10.00 WIB  yang dilakukan secara individual. Pertama-pertama semua siswa menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan berupa kertas HVS, daun yang berbentuk unik, cat air, sikat gigi, dan sisir. Kemudian daun ditempelkan di atas kertas yang telah disediakan. Selanjutnya, siswa menyiapkan campuran cat air yang ditambahkan air secukupnya.  
 

        Campuran tersebut digunakan untuk memberikan warna dengan cara menyelupkan sikat gigi pada cat air yang sudah tercampur air dan digosok-gosok mengunakan sisir di atas kertas hingga mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan.
Siswa terlihat sangat senang sekali mengikuti kegiatan pembelajaran ini. Hal tersebut  sesuai dengan pendapat salah satu siswi kelas 3 yang bernama Vira, ia mengatakan, 

”Saya sangat senang mengikuti pembelajaran membuat karya cetak dengan teknik cap dan cipratan karena kita bisa bermain sambil belajar”.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »