Headline

Monday, April 9, 2018

SD Juara Cilegon

Pemanfaatan Energi Gerak, Siswa Kelas 3 SD Juara Membuat Kerajinan dari Tanah Liat

 Siswa-Siswi Kelas 3 SD Juara Cilegon Sedang Praktek
Pemanfaatan Energi Gerak dengan Membuat Kerajinan dari Tanah Liat

CILEGON - Energi memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya yaitu untuk membuat karya seni dan kerajinan. Pembelajaran hari Selasa 04 April 2018 siswa-siswi kelas 3 SD Juara akan memanfaatkan energy gerak dengan membuat karya seni dan kerajinan dari tanah liat. Sebelum pembelajaran dimulai terlebih dahulu siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang terdiri dari 5-6 orang per kelompok.

Dengan membawa alat-alat dan bahan-bahan yang sudah disiapkan yaitu tanah liat dan tripleks untuk alas tanah liat. Siswa secara berkelompok membuat kerajinan sesuai dengan gambar yang ada di buku yaitu membentuk vas bunga. Pertama-tama siswa mengambil tanah liat untuk dibentuk bulatan. Kemudian pilin-pilin tanah liat tersebut membentuk seperti ular-ular kecil.

Selanjutnya siswa secara berkelompok menyusun pilinan-pilinan tersebut sehingga membentuk vas bunga. Untuk menyatukan pilinan-pilinan tersebut, siswa dapat menggunakan kapas basah/kain basah sehingga karya terlihat lebih halus.

Setelah halus, buatlah ukiran di permukaan luar vas bunga dengan menggunakan lidi. Setelah semua tahapan tersebut selesai, langkah yang terakhir yaitu keringkan. Meskipun kegiatan ini siswa-siswi diharuskan kotor-kotoran, tetapi tetap senang dan semangat membuat karya terbaiknya tanpa harus takut kotor.

Aca salah satu siswi kelas 3 mengatakan senang bisa membuat vas bunga meskipun harus kotor-kotoran dan cukup sulit untuk membentuknya, tapi dengan hati-hati dan kerja sama kelompok akhirnya bisa jadi sebuah vas bunga yang cukup bagus.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »