Headline

Thursday, April 19, 2018

SD Juara Cilegon

Siswa Kelas 4 SD Juara Cilegon Praktek Membuat Energy Listrik Dengan Menggunakan Media Tenaga Air


Cilegon - Air memang merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup, tidak hanya manusia saja. Tanpa ada air, semua makhluk hidup tidak akan bertahan hidup dalam jangka waktu lama. Selain sebagai sumber kehidupan makhluk hidup, air juga merupakan energi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Salah satu manfaat energi air  yaitu sebagai penggerak utama kincir air yang mengubah energi air menjadi energi listrik.

Pada hari selasa, (17/04) anak-anak Kelas 4 SD Juara Cilegon belajar tematik 9 sub tema 1 tentang Sumber energi listrik. Sebelumnya anak-anak diberikan simulasi nonton bareng melalui youtube tentang jenis - jenis Sumber energi yang bisa dimanfaatkan untuk energi listrik, setelah itu barulah anak-anak diarahkan untuk membuat energi listrik dengan menggunakan media tenaga air. Alhamdulillah anak-anak merasa senang dan kondusif.

Bahan-bahan yang digunakan dalam praktek kali ini, diantaranya ada kepingan CD bekas, botol bekas air mineral, lilin, lem tembak, dan masih banyak lagi. Semua siswa mengikuti setiap intruksi yang diberikan oleh wali kelas. Walaupun anak-anak terlihat sedikit kebingungan, namun praktek membuat kincir air ini dapat berjalan dengan lancar.

M. Fikri Rosyid atau yang akrab di sapa Fikri mengungkapkan bahwa ia sangat senang dalam kegiatan praktek membuat kincir air ini. “Hari ini saya dan teman-teman praktek membuat kincir air. Seru sekali kegiatan praktek kali ini. Kami bisa bekerja sama membuat kincir air. Ternyata air itu tidak hanya untuk mandi, minum, dan mencuci. Tetapi air juga bisa digunakan sebagai sumber energi gerak,” ujarnya.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »