Headline

Tuesday, May 8, 2018

SD Juara Cilegon

SISWA KELAS 3 BERKREASI MENEMUKAN BENTUK JARING-JARING BALOK


 
Salah satu siswa sedang Membuat jaring jaring
Jaring-jaing merupakan pembelahan sebuah bangun yang berkaitan sehingga jika digabungkan akan menjadi sebuah bangun ruang tertentu. Pembelajaran kali ini menggunakan pendekatan pembelajaran open minded. Pada hari Senin, 23 April siswa-siswi kelas 3 SD Juara Cilegon sedang belajar tentang jaring-jaring balok dengan bentuk yang berbeda dari jaring-jaring yang sudah ada sebelumnya. Tujuan dari pembelajaran ini yaitu agar siswa-siswi dapat menemukan bentuk jaring-jaring balok dalam bentuk yang baru  dan menarik sesuai dengan keinginan siswa dengan proses menggunting. Selain itu juga pembelajaran ini bertujuan untuk melatih kreatvitas anak. Seperti yang diungkapkan oleh Siti Herlina selaku wali kelas 3 SD Juara Cilegon,

Tujuan dari pembelajaran ini yaitu agar siswa-siswi dapat menemukan bentuk jaring-jaring balok dalam bentuk yang baru  dan menarik sesuai dengan keinginan siswa dengan proses menggunting. Selain itu juga pembelajaran ini bertujuan untuk melatih kreatvitas anak,” ungkap Siti Herlina. Dengan menggunting bebas diharapkan setiap anak menghasilkan bentuk jaring-jaring balok yang berbeda dengan teman lainnya. Adapun alat dan  bahan yang harus disiapkan yaitu pertama-tama setiap siswa harus menyiapkan sebuah kardus kecil berbentuk balok, selembar karton, gunting, penggaris, dan pensil. Langkah pertama yang dilakukan siswa yaitu menggunting kardus yang berbetuk balok sesuai dengan keinginan siswa. Selanjutnya tempelkan ke atas karton dan jiplak. Setelah tergambar sebuah jaring-jaring balok selanjutnya siswa menggunting sesuai dengan garis yang didapatkan tadi.


Dilla Kurnia Ningsih salah satu siswi kelas 3 SD Juara Cilegon, mengaku bahwa ia sangat senang mengikuti kegiatan KBM kali ini, karena disini  ia bisa melatih kreativitas untuk menghasilkan jaring-jaring balok yang berbeda dengan teman-temannya. “Senang sekali bisa membuat jaring-jaring balok yang berbeda dari yang biasanya. Dan kita juga harus bisa membuat jaring-jaring balok yang berbeda dengan teman-teman yang lainnya,” ujar Dilla.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »