Headline

Sunday, June 3, 2018

SD Juara Cilegon

BEGINI KEGIATAN UJIAN PRAKTEK DI SD JUARA CILEGON

Suasana Ujian Praktek PAI, Qiro'ati dan Bahasa Inggris

Senin (28/05), Sekolah Dasar Juara Cilegon melaksanakan kegiatan ujian praktik. Setelah ujian tulis selesai, ada beberapa materi yang harus di ujikan diantaranya ialah Tahsin Tahfidz Qur'an (TTQ), PAI, B.Inggris, dll. Ujian praktik ini berbeda dengan ujian pada umumnya, karena disini siswa di panggil satu persatu sesuai dengan absennya, dan setiap anak akan di uji 4 materi dalam satu ruangan.

Dalam ujian praktik ini setiap siswa akan diberikan pertanyaan oleh penguji, sesuai dengan materi yang telah diajarkan. Seperti halnya, dalam ujian praktik PAI kelas 2, siswa diminta untuk praktik gerakan dan bacaan shalat. Sedangkan dalam ujian praktik TTQ Qiroati, siswa diminta membacakan do’a-do’a harian beserta artinya yang sudah dihapalkan oleh siswa. Kegiatan praktik ini diadakan dengan maksud untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai materi yang sudah diajarkan serta membentuk  mental atau keberanian siswa.


Seperti yang diungkapkan oleh Nur Hidayati selaku ketua panitia dalam Penilaian Akhir Tahun (PAT). 

“Kegiatan praktik ini diadakan dengan maksud untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai materi yang sudah diajarkan serta membentuk  mental atau keberanian siswa. Tidaklah mudah bagi peserta yang belum biasa dan belum menguasai materi yang di ujikannya. Banyak tipe anak yang sering di temukanya, ada yang demam panggung, malu-malu, takut, ada yang menangis, bahkan ada juga siswa yang dengan percaya dirinya menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh penguji,” ujarnya.

Nur Hidayati menambahkan bahwa hal ini membuktikan bahwa sangatlah penting diadakannya ujian praktik ini, bukan untuk menjatuhkan anak, tapi untuk meningkatkan kualitas belajar siswa di setiap mata pelajaran.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »