Headline

Monday, June 25, 2018

SD Juara Cilegon

Penghimpunan ZIS Rumah Zakat di Ramadhan Capai 103 Persen


REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Target penghimpunan zakat, infak dan shadaqah (ZIS) Rumah Zakat selama Ramadhan tahun 2018 tercapai 103 persen dari target. Pada Ramadhan tahun ini terjadi kenaikan atau pertumbuhannya penghimpunan ZIS sebesar 20 persen dari Ramadhan tahun lalu.  "Alhamdulillah tahun ini di Ramadhan tahun 2018 ada peningkatan 20 persen penghimpunan zakat, infak, shadaqah," kata Chief Executive Officer (CEO) Rumah Zakat, Nur Efendi kepada Republika, Senin (25/6).



Efendi mengatakan, penghimpunan ZIS pada Ramadhan tahun lalu mencapai Rp 70 miliar. Pada Ramadhan tahun ini penghimpunan ZIS meningkat 20 persen dari tahun lalu. Menurutnya, ada beberapa faktor yang membuat penghimpunan ZIS meningkat. Pertama, pemahaman masyarakat Indonesia terhadap ZIS sudah mulai baik. Artinya sosialisasi lembaga-lembaga filantropi berhasil mensosialisasikan ZIS ke masyarakat.

Ia menerangkan, yang kedua, kesadaran masyarakat menunaikan zakat melalui lembaga juga sudah mulai tumbuh. Ketiga, masyarakat juga sadar akan kewajibannya untuk menunaikan zakat. Selain itu ditunjang oleh kemudahan membayar zakat yang disediakan lembaga-lembaga filantropi. "Sekarang semakin mudah membayar zakat, tidak sesulit dulu, ada kemudahan yang diberikan oleh lembaga (filantropi) sehingga masyarakat bisa membayar zakat dengan mudah," ujarnya.



Meski sudah meningkat pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap ZIS, Nur menegaskan, setelah ini yang perlu ditingkatkan adalah sosialisasi. Sosialisasi kepada masyarakat harus terus ditingkatkan karena peningkatannya masih belum signifikan kalau masih di angka 20 persen. Selain itu menurut Efendi, servis dan kemudahan untuk menunaikan ZIS harus terus ditingkatkan. Meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap ZIS melalui sosialisasi sangat penting. Menyediakan kemudahan bagi masyarakat untuk menunaikan ZIS juga sama pentingnya.

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/rumah-zakat/18/06/25/pavadr352-penghimpunan-zis-rumah-zakat-di-ramadhan-capai-103-persen

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »