Headline

Monday, September 24, 2018

SD Juara Cilegon

BELAJAR SIFAT UDARA, WALI KELAS AJAK SISWANYA UNTUK MENIUP BALON


 
Siswa kelas II sedang meniup balon di dalam kelas



Selasa (18/9/2018), siswa kelas 2 (dua) SD Juara Cilegon melaksanakan kegiatan praktik tentang sifat-sifat benda. Setelah pekan lalu mereka belajar tentang benda padat dan cair, tibalah hari ini mereka mengeksplorasi pengetahuan akan satu benda lainnya yg ada di sekitar kita, yaitu: udara. Suasana meriah saat Bu Guru memperlihatkan balon dan kantong plastik bening kepada mereka.“Buat apa itu, Bu?” Tanya Fico penuh rasa ingin tahu.“Aku mau, Bu... aku mau...” kata Syifa dan yang lainnya.“Baik, Bu Guru akan membagikan balon dan plastik kepada anak yang tertib.” Kata Bu Guru.
 
semua siswa mengikuti arahan wali murid untuk meniup balon
Merekapun duduk tertib kemudian satu per satu maju mengambil balon dan plastik.Kegiatan praktik mengenal sifat udara pun dimulai. Siswa meniup balon sampai menggembung kemudian mengikat ujungnya dengan karet gelang. Pun dengan plastik. Ditiup dan diikat ujungnya saat sudah menggelembung.Dari kegiatan ini siswa belajar tentang sifat udara bahwa saat udara masuk ke dalam balon dan plastik yang elastis, udara akan menekan ke segala arah sehingga balon dan plastik itu jadi membesar dan ketat sampai batasnya. Akan tetapi, jika udara terus menerus ditiupkan maka akan membuat balon dan plastik pecah.“Anak-anak, coba perhatikan bentuk balon dan plastik yang sudah terisi udara ini. Bagaimana bentuknya?” Tanya Bu Guru.

Bentuknya berbeda, Bu. Sesuai plastiknya atau balonnya.” Jawab Nizam.“Benar. Artinya, bentuk udara itu sesuai dengan wadahnya.” Jawab Bu Guru menegaskan. Siswa kelas 2 pun menjadi semakin tahu sifat-sifat udara.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »