Headline

Monday, September 24, 2018

SD Juara Cilegon

SD JUARA BELAJAR MENANAM CABAI DAN TOMAT


Wali kelas sedang membagikan pollybag untuk belajar menanam



Rabu(19/9/), pada hari itu siswa kelas 4 SD Juara Cilegon melakukan kegiatan  menanam tumbuhan dari bibit tomat dan cabai. Mereka sangat antusias sekali saat bu guru mengeluarkan wadah untuk menanam. Mereka pun pada bertanya,"apa itu bu namanya?" Bu guru pun menjelaskan dan memberitahu anak-anak bahwa wadah plastik itu adah sebuah wadah untuk menanam yang bernama polybag. Langkah pertama yang dilakukan adalah setiap siswa diberi kesempatan untuk mengambil tanah kompos dan memasukkannya kedalam.polybag tersebut.  

Setelah itu mereka menyiramnya dengan air dan guru pun membagikan benih biji tomat dan cabai kepada anak-anak. Dari pembelajaran ini guru ingin mengajarkan kepada siswa mengenai teknik menanam tumbuhan. Selain itu siswa juga dapat belajar tentang pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan tumbuhan. Seperti yang diungkapkan oleh Idawati selaku wali kelas 4 SD Juara Cilegon.


"Dari pembelajaran ini guru ingin mengajarkan kepada siswa mengenai teknik menanam tumbuhan. Selain itu siswa juga dapat belajar tentang pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan tumbuhan. Maksudnya, ketika kita memanfaatkan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari, maka kita harus bisa menanam dan menjaga serta merawat tanaman tersebut agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik. Kita jangan hanya memanfaatkan tanaman, tapi kita tidak mau menjaga, merawat bahkan menanam kembali tanaman tersebut

 Seperti yang dilakukan oleh oknum-oknum yang suka melakukan penebangan pohon secara liar untuk dimanfaatkan kayunya. Setelah menebang, mereka tidak mau menanam kembali pohon tersebut, sehingga terkadang terjadi kebakaran hutan dan kelangkaan jenis tanaman yang ada di Indonesia khususnya," ungkap Idawati.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »