Headline

Monday, October 8, 2018

SD Juara Cilegon

MEMPERKENALKAN OBAT DIARE,SISWA KELAS 5 SD JUARA CILEGON MEMBUAT CAIRAN ORALIT



 
Siswa sedang membuat cairan oralit
CILEGON - Rabu, 3 Oktober 2018 siswa kelas V SD Juara Cilegon sedang mempelajari gangguan pada organ pencernaan manusia. Kali ini wali kelas V Siti Herlina menjelaskan diantaranya tentang gangguang pencernaan berupa buang air besar yang encer dan lebih sering dari biasanya atau yang biasa kita kenal dengan diare. Pada pembelajaran kali ini siswa diajak untuk melakukan percobaan sederhana berupa membuat cairan oralit. Menurut guru kelas V Siti Herlina,


cairan oralit bermanfaat untuk menghindari dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh akibat diare”.Sebelumnya siswa diminta untuk menyiapkan alat dan bahan untuk melakukan percobaan pembuatan oralit, yakni garam, gula, air putih hangat, dan pisang. Setelah alat dan bahan disiapkan, siswa secara berkelompok melarutkan gula dan garam dengan air hangat. Setelah kedua bahan tersebut larut, siswa secara bergantian mencicipi rasa dari oralit dan memakan pisang untuk menambah kalium.


Selanjutnya Herlina berharap, siswa mampu membuat cairan oralit sendiri jika pada suatu hari nanti mereka mengalami diare.Kegiatan pembelajaran kali ini membuat kesan tersendiri bagi Indri. “Saya senang bisa membuat cairan oralit karena ternyata obat alternatif dari diare sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah”.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »