Headline

Wednesday, December 5, 2018

SD Juara Cilegon

Siswa SD Kelas V SD Juara Cilegon Belajar Membuat Batik Jumputan


Siswa Memperlihatkan hasil membatiknya


Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Pada pembelajaran kali, Kamis 29 November 2018 siswa kelas V SD Juara Cilegon belajar praktik membuat batik kain dengan menggunakan teknik jumputan. Menurut wali kelas V SD Juara Cilegon, Siti Herlina, “praktik ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa-siswi tentang cara membuat batik dengan teknik jumputan. Teknik jumputan adalah teknik membuat batik atau mewarnai kain putih polos dengan cara diikat dengan tali atau karet, kemudian diberi pewarna kain. Praktik membuat batik dengan teknik jumputan cukup mudah untuk dilakukan anak-anak usia SD karena anak-anak cukup menyediakan kain putih, pewarna kain (wantek), karet gelang/tali, dan juga kelereng”.
Siswa sedang membatik di depan halaman sekolah

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pembuatan batik jumputan ini adalah pertama-tama rebus air hingga mendidih, setelah mendidih larutkan pewarna kain beserta garam aduk hingga rata. Untuk memudahkan penggunaan masukkan pewarna kain yang sudah di didihkan kedalam botol air minum. Selanjutnya basahi kain dengan air hangat kemudian ikat kain sesuai dengan motif yang diinginkan. Selanjutnya lakukanlah pewarnaan satu-persatu dengan baik dan benar pada bagian kain yang ingin diberi warna. Setelah semua tahapan selesai, selanjutnya lepaskan ikatan pada kain dan jemurlah hingga kering
 
Hasil membatik siswa kelas 5 SD Juara Cilegon
Indri salah satu siswa kelas V mengatakan, “Pembelajaran kali ini sangat seru dan asyik, karena kita bisa membuat batik sendiri dengan motif seperti yang kita inginkan selain itu cara membuatnya pun mudah dan saya ingin mencoba motif dan lain di rumah”.

Subscribe to this Blog via Email :
Latest
Previous
Next Post »