Headline

Tuesday, January 29, 2019

SD Juara Cilegon

SENANGNYA SISWA KELAS 2 SD JUARA CILEGON BELAJAR MEMASAK OPOR AYAM DAN ES DURIAN





Cilegon, Kamis (17/1), seluruh siswa kelas 2 SD Juara Cilegon tengah asyik mengikuti dan mengamati praktik memasak atau yang biasa disebut kegiatan cooking class. Pada pembelajaran sebelumnya anak-anak sudah diajarkan cara membuat anyaman ketupat dari daun kelapa (janur). Pembelajaran Tematik kali ini masih tentang materi tentang membuat karya imajinatif tiga dimensi. "Setelah kemarin kita belajar membuat anyaman ketupat, pagi yang cerah ini kita akan memasaknya ya anak-anak" ungkap idawati selaku guru kelas 2. "Ada yang tahu tidak anyaman ini di isi apa?" tanya bu guru. "Saya tahu bu, beras." tutur salah satu anak menjawab. "Ya betul sekali, sebelum dimasak anyaman ketupat ini kita isi beras yang sebelumnya telah dicuci. Selain itu kita juga akan memasak opor ayam sebagai pelengkap makan ketupat" jawab bu guru.

Pada kegiatan Cooking class kali ini, anak-anak akan diajak untuk belajar membuat opor ayam, dan es durian. Alat dan bahan yang akan digunakan untuk praktik ini meliputi beras, wortel, ayam, bumbu opor, labu siam, mangkuk, gelas, sendok, panci, wajan, durian, susu, dan gula.Para siswa diberikan tugas untuk memotong dan mencuci sayuran, mencuci ayam, menyiapkan mangkuk, sendok, serta gelas. Perubahan yang terjadi pada proses perebusan yaitu beras yang mengeras dan akan menjadi padat yang biasa disebut ketupat.  Sambil menunggu ketupat matang, anak -anak mengikuti proses memasak opor ayam dari menumis bumbu, memeras santan dan membuat sop durian. "hmmm.... Baunya harum sekali bu, jadi laper" tutur salah satu anak kelas 2.
Setelah semuanya matang anak-anak kelas 2 siap menyantap masakan dan minuman yang telah mereka buat. Sebelumnya mereka berdoa bersama-sama, "enak bu lezat dan nikmat" ungkap perasaan mereka saat menyantapnya
Anak-anak SD Juara Sedaang memotong motong sayuran di bantu wali kelasnya

Pada praktik ini siswa dapat menemukan konsep real nyata perubahan. beras menjadi ketupat. Harapannya dengan praktik ini, siswa dapat mengingat materi dari cara membuat anyaman ketupat sampai proses menjadi ketupat yang bisa dimakan, karena mengalami dan mengamati sendiri untuk bekal nanti mereka dewasa.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »