Headline

Tuesday, January 29, 2019

SD Juara Cilegon

Siswa Kelas 1 SD Juara Cilegon Belajar Membuat Lempung Terigu



Anak-anak kelas 1 SD Juara Sedang membentuk lempung Terigu


Cilegon, Selasa (21/01/2019) kegiatan pembelajaran siswa kelas 1 saat ini adalah membuat lempung terigu. Pembelajaran kali ini sesuai dengan tema 5 subtema 3 Pembelajaran 1. Sebelumnya anak-anak telah membawa beberapa bahan dari rumah diantaranya yaitu terigu dan sabun. Setelah terigu dan sabun dikumpulkan semua anak bertanya tanya untuk apa bahan-bahan tersebut digunakan ? mereka bertanya dengan sangat antusias dan rasa ingin tahu yang tinggi.

 Setelah dijelaskan bahwa kita akan membuat lempung terigu, ekspresi kegembiraan muncul dari wajah mereka. "Biasanya lempungkan yang dibuatnya dari tanah liat kok ini dari terigu. Emang bisa Bu guru ?" Tanya Alisa salah satu siswi kelas 1 SD Juara Cilegon
Sebelum jadi lempung terigu Ibu Mirna selaku wali kelas 1 menjelaskan terlebih dahulu beberapa langkah cara membuat lempung terigu. Pertama larutkan garam dan tambahkan pewarna. Setelah itu serut sabun, kemudian tambahkan air. Tahap selanjutnya tuang terigu perlahan, dan aduk dengan sendok hingga merata. Setelah itu aduk dengan tangan dan sedikit demi sedikit diberi minyak sayur. Setelah adonan menyatu dan tidak menempel di tangan adonan siap digunakan.

Setelah lempung terigu siap digunakan anak-anak diberikan beberapa arahan untuk membuat beraneka ragam bentuk mainan, ada yang menggunakan cetakan ataupun tangan. Yang membuat bentuk dengan cetakan, mereka membuat boneka, binatang, dan kura-kura. Sedangkan yang memakai tangan dia membuat bola-bola, dan daun. "Saya senang belajar seperti ini, menyenangkan, dan seru. Kita bisa belajar sambil bermain,"  tutur Hasbi salah satu siswa kelas 1 SD Juara Cilegon.


Tak hanya anak-anak yang senang, wali kelas pun senang melihat anak-anak yang sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan belajar kali ini. "Alhamdulillah kegiatan belajar hari ini berjalan dengan lancar. Anak-anak terlihat seru dan senang belajar bersama. Walaupun tangan kotor, baju kotor, tapi hati senang.  Sekarang kurangilah bermain HP dan bermainlah dengan teman" ujar Mirnawati selaku wali kelas 1 SD juara Cilegon.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »