Headline

Tuesday, January 29, 2019

SD JUARA CILEGON

Siswa Kelas 3 SD Juara Cilegon Praktek Membuat Klepon dan Bubur Polo


 
Siswa Kelas 3 Sedang Memasak adonan kelepon



Senin (21/01), pada hari itu siswa kelas 3 SD Juara Cilegon sedang melakukan Cooking Class untuk membuat makanan khas dari Cilegon. Pelajaran ini adalah praktik dari pelajaran sebelumnya, dimana mereka belajar mengenal makanan khas daerah. Sekarang saatnya mereka mempraktekkannya.

Kali ini mereka akan membuat klepon dan bubur polo, dimana bahan-bahan yang digunakan untuk membuat klepon yaitu: tepung ketan, gula merah, garam,  pasta pandan serta kelapa parut yang sudah dikukus. Cara membuatnya pertama kita campur tepung ketan, garam, pasta pandan, dan ditambah air lalu kita uleni sampai menjadi adonan yang kalis lalu kita sisihkan. Kemudian kita potong-potong gula merah sebagai bahan isinya lalu sisihkan. Berikutnya kita ambil sedikit adonan klepon dengan cara memipihkan lalu kita beri isi gula merah sedikit, lalu kita bulatkan. Bentuk semua adonan tersebut sampai selesai. Kemudian kita rebus ke dalam air yang mendidih. Setelah klepon mengapung tandanya matang, lalu kita angkat dan kita masukkan ke dalam parutan kelapa yang sudah dikukus dan siap untuk dinikmati.

Sedangkan bahan-bahan untuk membuat bubur polo yaitu tepung beras, garam, santan,daun pandan, dan gula merah. Cara membuatnya kita campur tepung beras, santan dan garam sampai menjadi adonan yang cair, kemudian kita larutkan sampai merata. Lalu kita masak dengan api yang kecil dengan terus-menerus diaduk sampai adonan menjadi bahan bubur yang kental. Selanjutnya kita sisihkan di tempat lain. Kita membuat kuahnya dari gula merah yang ditambah dengan air, dan kita masak sampai mendidih kemudian kita sisihkan.  Cara penyajiannya kita ambil sedikit bubur polo ke dalam mangkok kemudian kita siram dengan kuah gula merah.
 
di bantu wali kelas siswa di ajarkan untuk membuat adonan kue kelepon
Setelah mempraktekkan membuat makanan sederhana ini, siswa sangat senang sekali. Seperti yang diungkapkan oleh Ananda Irul salah satu siswa kelas 3 SD Juara Cilegon. "Ibu kleponnya enak sekali, saya mau coba nanti membuatnya bersama ibu dirumah. Rasanya manis dan  kenyal-kenyal enak," ujar ananda Irul.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »