Headline

Thursday, January 31, 2019

SD JUARA CILEGON

Siswa SD Juara Cilegon Belajar Membuat Alat Peraga



 
Siswa sedang memasangkan potongan kardus bekas agar terbentuk alat peraga


Cilegon - Kali ini siswa-siswi kelas 3 sedang mempelajari tentang bilangan pecahan yang sederhana. Untuk materi kali ini siswa-siswi akan bermain dengan alat peraga pecahan. Sebelumnya siswa-siswi kelas 3 dibagi menjadi 5 kelompok masing-masing kelompok akan membuat 2 macam alat peraga pecahan.
Bahan-bahan yang digunakan yaitu kardus bekas dan tali rafia, sedangkan alat-alat yang digunakan yaitu penggaris, pensil dan juga gunting.

Cara membuatnya pertama-tama kita membuat pola lingkaran pada kardus kemudian kardus terasebut kita gunting berdasarkan pola yang sudah dibuat, dari potongan kardus tersebut kita bagi menjadi 4 potong untuk membuat alat peraga pecahan dengan bilangan 1/4 2/4 3/4. Kemudian dari potongan-potongan tersebut kita gabungkan dengan menggunakan tali rafia dan kita susun hingga membentuk lingkaran seperti semula. Setelah sudah tersusun rapi siswa-siswi memperagakannya  apabila bilangan menunjukkan pecahan 1/4 siswa akan melipat 3 bagian dari potongan alat peraga tersebut,  apabila siswa melipat dua bagian dari alat peraga maka menunjukkan bahwa itu adalah bilangan 2/4 dan apabila siswa melipat satu bagian dari alat peraga itu menunjukkan bahwa pecahan tersebut adalah 3/4 demikian juga kepada peraga yang lainnya dengan menggunakan 3 bagian potongan dengan cara yang sama dan akan menunjukkan nilai yang akan kita dapat siswa sangat senang membuat alat peraga kali ini karena bahan yang mudah didapat dan juga mudah untuk dibuat.
 
Hasil alat peraga dari bahan bekas

Setelah selesai membuat alat peraga, Ananda M. Dafa Anggara atau yang akrab di sapa Dafa mengungkapkan bahwa membuat alat peraga ini sangat menyenangkan, dan hasilnya sangat lucu. "Waaah lucu ya bu alat peraganya dan mudah sekali dibuatnya. Saya nanti akan membuat dengan pola yang lain," sahut Daffa.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »