Headline

Friday, August 16, 2019

SD JUARA CILEGON

KEMERDEKAAN YANG TERBATAS


KEMERDEKAAN YANG TERBATAS
oleh : Susanto, A.Md. RO, S.Pd.I


Di hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 ini, saya teringat kata-kata yang sering dipesankan kiyai kepada
para santrinya.

حُرِّيَةُ اْلمَرْءِ مَحْدُوْدَةٌ بِحُرِّيَةِ غَيْرِه
"Kebebebasan Seseorang terbatas dengan kebebasan Orang Lain"

Kita itu merdeka, bebas, tapi kebebasan kita tidak boleh mengambil hak kebebesan orang lain, tidak boleh melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama kita, tidak boleh melanggar peraturan-peraturan yang ada.

Kita bebas berbuat apa saja di rumah kita, bebas berteriak, bebas menyalakan musik, tapi ingat suara/musik yang keluar dari rumah kita tidak boleh mengganggu tetangga kita, karena mereka juga punya hak kebebasan, tetangga kita juga punya hak kebebesan agar tidak terganggu dari orang lain.

Kita bebas mengendarai kendaraan yang kita miliki, tapi jangan mengambil hak kebebesan pengendara lainnya seperti menyetir dengan ugal-ugalan, berhenti dadakan tanpa aba-aba, berhenti di sembarang atau parkir di jalan depan rumah kita tapi memakan jalan sehingga kendaraan lain mau lewat tidak bisa karena ada kendaraan kita.

Kita bebas merayakan hari pernikahan atau hajatan lainnya di depan rumah kita, tapi tidak boleh merebut kebebesan orang lainnya seperti kendaraan tidak bisa lewat di jalan tersebut karena jalan ditutup karena ada yang hajatan sehingga dengan terpaksa orang-orang yang berkendara motor atau mobil harus mencari jalan lain yang jaraknya sangat jauh sekali.

Dan masih banyak contoh lainnya tentang kemerdekaan/kebebesan seseorang terbatas dengan kebebesan orang lainnya.

Kalau dalam kontek negara, seperti negara kita tercinta, alhamdulillah atas berkat rahmat Allah SWT negeri ini sudah 74 tahun merdeka dari para tangan penjajah. Saat ini kita tinggal mensyukuri dan merayakan apa yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan kita. Kebebesan Indonesia juga tidak boleh mengganggu kebebesan negara lainnya atau sebaliknya Negara lain tidak boleh merebut kebebasan negara kita.

Indonesia sebagai negara yang sudah merdeka mempunyai kebebesan untuk mengelola sendiri sumber daya alam yang dimilikinya dari sabang sampai merauke. Negara Indonesia juga mempunyai tugas bagaimana caranya agar warga negara Indonesia terutama yang pribumi bisa merasakan kebebasan menikmati hasil kemerdekaan yang telah diraih. <!>

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »