Headline

Monday, January 20, 2020

SD JUARA CILEGON

KELAS 1 SD JUARA CILEGON MEMBUAT LAMBANG PANCASILA SILA KE -2


Anak anak sedang memperlihatkan hasil karya membuat lambang pancasila dari kertas Warna


 
CILEGON – Selasa (14/1) Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang terdiri dari 5 sila. Pembelajaran kelas satu pada semester genap ini memasuki tema 5 sub tema 1, materi kali ini berhubungan erat dengan keadaan Indonesia saat ini yang harus tolong menolong sesama manusia, tidak boleh acuh dan hidup sendiri karna sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain.
Materi ini disampaikan oleh Bu Mirna selaku wali kelas satu pada pembelajaran kali ini, dan ternyata ada tertuang dalam Pancasila sila ke 2 yang berlambang *Rantai* yang mana satu rantai terkait dengan rantai yang lain sehingga membentuk lingkaran yang indah.  Setelah anak- anak di berikan pemahaman mereka bersama- sama menyebutkan bunyi sila ke 2 yang berbunyi *Kemanusiaan yang adil dan beradab* setelah itu menanyakan apakah lambang sila ke 2 dengan bersorak ria mereka menyebutkan rantai.
Setelah itu setiap siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok dan mengambil alat serta bahan sebagai berikut:
1. gunting 2
2. kertas berwarna merah dan putih
3. lem kertas

Guru wali Kelas sedang menjelaskan bagaimana cara pembuatan lambang pancasila dari kertas Warna
 
Setiap anak mengerjakan dengan semangat dan kompak. Namun di tengah perjalan mereka bingung karena rantai yang mereka buat kecil dan tak cukup untuk membentuk suatu rantai yang utuh. Di sini wali kelas memberikan kesempatan bagaimana caranya rantai ini terbentuk, akhirnya mereka memikirkan untuk menyambung dengan kelompok yang lain dengan cara yang berbeda-beda. "kegiatan ini seru Bu guru kita bisa menggunting, mengelem dan menempel juga, serta bisa bekerja sama dengan teman-teman" ungkap Ayyas salah satu siswa Bu Mirna.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »