Headline

Sunday, January 26, 2020

SD JUARA CILEGON

SISWA KELAS II SD JUARA CILEGON BELAJAR MEMBUAT KERANGKA KETUPAT


 
Proses pembuatan ketupat

CILEGON - Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda yang lebih dikenal dengan Janur atau kadang-kadang terbuat dari daun palma yang lain.
Sebelum menjadi ketupat yang siap santap bersama sayur seperti opor, terlebih dahulu kita harus membuat kerangka ketupat, barulah setelah kerangka ketupat jadi, diisilah kerangka tersebut dengan beras dan dimasak selama kurang lebih 8 jam.
Pada hari ini (23/1) siswa-siswi kelas 2 SD Juara Cilegon belajar membuat kerangka ketupat. Dengan semangat dan penuh antusias mereka bersorai ketika Bu Evi membagikan daun kelapa. Pembuatan kerangka ketupat memang sedikit rumit. Tidak hanya anak-anak, remaja bahkan ibuibu pun ada yang tidak dapat membuat kerangka ketupat.
Meskipun rumit, anak-anak tetap semangat menyelesaikan kerangka ketupat. Diselingi tawa riang mereka ketika kerangka ketupat yang mereka buat beberapa diantaranya kempot-tidak mengembang sempurna, ekornya panjang sebelah dan lain sebagainya. Anak-anak pun berceloteh dengan bahasa khasnya


bu, bu, bu evi, ketupatnya Aaliyah ekornya panjang sebelahujar Alisa sambil menyeringai
Ibu, punya saya nya kempes, masih banyak yang bolong-bolongnyaujar Ica.
Bu Evi pun memperbaiki kerangka ketupat yang dibuat oleh anak-anak, dan anak-anak pun tersenyum melihat ketupatnya terbentuk dengan baik.

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »